Tips Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula - Snabbtganerivikt.info Info Tekno

Selasa, 16 Juni 2020

Tips Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula



Tips Merawat Tanaman Hias Untuk Pemula - Bagi pemula atau awal-awal belajar merawat tanaman hias pasti bingung karena belum paham cara merawatnya. Lingkungan rumah yang asri dan seri tentu menjadi idaman semua orang. Apalagi jika ditanami tanaman hias dengan cara yang tepat, tak hanya sebagai pemanis halaman rumah tapi juga bermanfaat untuk kesehatan bahkan bisa untuk usaha dan menghasilkan uang dengan jual beli tanaman hias tersebut.

Berikut Tips Merawat Tanaman Hias yang Perlu Kamu Ketahui
Dengan mengetahui tips yang tepat, tanaman hias kita akan tumbuh subur dan dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah kita. Selain itu melihat tanaman serba hijau yang tumbuh subur juga bisa meredam kadar stress. Jika kamu baru akan memulai menanam tanaman hias dirumah tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Berikut tips nya :

  • Pilih Jenis Tanaman Yang Ideal

Yang pertama tentukan pilihan pada tanaman yang tahan banting, alias tak perlu banyak air serta bisa bertahan dalam kondisi cahaya matahari yang minim. Pilihannya ada beragam, seperti lidah buaya, lidah mertua, sirih gading, bambu rejeki, hingga monstera yang masih ngetrend.


  • Penuhi Kebutuhan Air dan Sinar Matahari

Meskipun tanaman yang akan kamu pilih muda perawatannya, tapi kamu harus ingat pada dasarnya kebutuhan tanaman adalah air dan matahari.
Porsi air juga harus diperhatikan. Terlalu sedikit biasanya akan menyebabkan tanaman menjadi kekeringan dan mati. Sebaliknya jika kamu terlalu banyak menyiram air maka tanaman akan busuk pada akarnya.

Siramlah tanaman pada beberapa bagian, jangan hanya fokus pada satu titik saja dan jangan menyiram daun terlalu basah karena akan mengundang penyakit tanaman dan hindari genangan air yang bisa menutup jalur oksigen dan dapat menyebabkan tanaman layu.

Kamu juga harus tahu tanaman mana yang wajib terkena sinar matahari atau malah sebaliknya, jangan terpapar matahari langsung karena nanti akan berpengaruh saat menanam dan meletakkannya.


  • Berilah Pupuk Secara Berkala

Pemberian pupuk bertujuan untuk menggantikan unsur hara yang berkurang atau habis karena digunakan tanaman dalam proses pertumbuhan.
Supaya tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara normal, pemupukan diberikan tiap dua minggu sekali. Sebagai pemula kamu sebaiknya membeli pupuk khusus tanaman hias, dan perlu di ingat setiap pupuk punya aturan pakai sendiri-sendiri. Jadi pastikan membaca instruksi dengan benar terlebih dahulu.


  • Jagalah Kebersihan di Sekitar Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias cukup mudah, yaitu dengan menjaga kebersihan sekitar tanaman, pot dan hindari tumpukan sampah terutama plastik dll dekat tanaman.

Hentikan kebiasaan membuang puntung rokok sembarangan atau membuang air bekas minuman seperti soda ataupun teh didalam pot tanaman hias milikmu. Bersihkan patahan dahan, pangkaslah bagian tanaman yang tidak teratur.


  • Turun Tangan Langsung Dalam Merawat Tanaman Hias

Kamu harus menangani langsung dan meluangkan waktu ketika merawat tanaman, kamu harus sering menyiram tanamanmu secara rutin agar bisa tumbuh subur. Siram tanaman di pagi atau malam hari hal ini bertujuan agar tanaman hias memiliki suplai air yang cukup untuk menghadapi siang hari yang terik. Aturlah beberapa strategi cara merawat tanaman seperti menjaga kualitas tanah, rutin merotasi tanaman, memangkas rumput liar, dan lain sebagainya.

Demikianlah tips merawat tanaman bagi pemula, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan sebagai referensi kamu dalam memilih dan merawat tanaman hias. Terimakasih.. Wassalam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda